Ads 468x60px

Kamis, 22 Maret 2012

Penandatanganan Kerjasama FKUB-RSSA Malang dan FKUnair-RS Dr. Soetomo Surabaya

Perjanjian kerjasama FKUB-RSSA Malang
dan FKUnair-RS. Dr. Soetomo
 

Guna mengembangkan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), dua Fakultas Kedokteran (FK) menggandeng kerjasama dengan dua rumah sakit. Kedua FK tersebut adalah FK Universitas Brawijaya (UB) dan FK Universitas Airlangga (Unair). Berturut-turut, mereka menggandeng rumah sakit didaerahnya masing-masing yakni Rumah Sakit Dr. Syaiful Anwar (RSSA) Malang dan RSUD Dr. Soetomo (RSDS) Surabaya. Penandatanganan kerjasama antara keempat institusi dilakukan pada Kamis (8/3) di gedung FK-Unair. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA (Dekan FK-UB), Prof. Dr. Agung Pranoto, dr., SpPD., KEMD., Finasim (Dekan FK-Unair), Dr. dr. Basuki B. Purnomo, Sp.U (Direktur RSSA) dan Dodo Anondo, dr., MPH (Direktur RSDS).
Perjanjian kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari piagam serupa yang ditandatangani 8 Juli 2005 silam. Pengembangan PPDS utamanya terkait dengan sumber daya manusia, teknologi serta sarana prasarana pendidikan bidang ilmu kedokteran dalam skema pendidikan, penelitian dan pelayanan kesehatan semua program studi Pendidikan Dokter Spesialis.
FK-Unair dan FK-UB adalah institusi pendidikan yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang kesehatan sementara RSDS dan RSSA adalah rumah sakit umum milik Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Timur yang juga sebagai Rumah Sakit Pendidikan dan Rumah Sakit rujukan kelas A yang mempunyai tugas pokok bidang pelayanan, pendidikan dan penelitian.
Kerjasama ini dilatarbelakangi pemikiran bahwa masing-masing institusi memiliki kemampuan dan fungsi yang dapat ditingkatkan untuk kepentingan bersama dengan dilandasi keinginan untuk saling membantu sesuai kemampuan dan fungsi masing-masing. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembangunan bangsa dan negara melalui bantuan tenaga medik.
Dengan kerjasama ini, masing-masing pihak bersepakat mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui peningkatan dan pengembangan mutu pelayanan, pendidikan dokter spesialis, dan penelitian dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi dokter (iptekdok) dan kesehatan.
Melalui kerjasama ini pula, akan ditingkatkan mutu penelitian, pelayanan kesehatan dan penyelenggaraan program pendidikan dokter spesialis di FK-UB dan RSSA serta FK-Unair dan RSDS. [ang/nok]

                             https://twitter.com/UB_Official

Tidak ada komentar:

Posting Komentar