Ads 468x60px

Kamis, 22 Maret 2012

UB Terima Mahasiswa Melalui Jalur Minat dan Bakat

Penampilan UKM Tari Universitas Brawijaya

Penjaringan Siswa Berprestasi (PSB) Non Akademik Universitas Brawijaya (UB) merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa selain melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Jalur Mandiri. Dalam seleksi PSB Non Akademik, atau penelusuran minat dan bakat, UB mencari siswa-siswi Sekolah Menengah Atas yang berprestasi di tiga bidang yaitu seni, olahraga, dan science. "Dengan menunjukkan sertifikat minimal juara tiga tingkat propinsi, mereka dapat diterima di UB," demikian ungkap Kepala Bagian Minat Bakat, Biro Administrasi Kemahasiswaan, Widodo, SE., kepada PRASETYA Online, Selasa, (20/3).

Widodo menambahkan, UB aktif menjemput bola dalam mencari bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa-siswi SMU. "Kami menghubungi KONI di propinsi setempat, Diknas, dan penelusuran melalui internet. Setelah menemukan siswa-siswi SMU berprestasi dari seluruh Indonesia, UB akan mendatangi dan memberi penjelasan mengenai PSB Non Akademik UB. Selanjutnya kami akan mengarahkan mereka untuk masuk ke UB sesuai jurusan mereka di SMU. Apakah IPA atau IPS. Mereka dapat memilih semua program studi di UB sesuai minat mereka kecuali Pendidikan Dokter dan Dokter Hewan," tutur mantan Kasubbag Kehumasan itu.
Widodo berharap dengan mendapatkan bibit unggul dalam bidang minat bakat, akan meningkatkan nama UB di kancah nasional dan internasional. "Oleh karena itu apabila ada putra-putri SMA yang berprestasi, minimal juara tiga tingkat propinsi, diharapkan menghubungi UB agar dapat ditindaklanjuti," tambahnya.
Sementara itu Pembantu Rektor III UB Ir. Ainurrasjid, MS mengatakan, UB terbuka untuk menerima siswa-siswi SMU yang berprestasi dalam bidang minat dan bakat. "Tidak perlu kuatir dengan biaya. Jika tidak mampu akan diberi bantuan baik melalui beasiswa ataupun dari universitas," ungkapnya. Rencananya, pelaksanaan pendaftaran PSB Non Akademik UB ini akan dibuka setelah pelaksanaan SNMPTN. [mit/lia]

                    https://twitter.com/UB_Official

Tidak ada komentar:

Posting Komentar